Saturday, March 30, 2013

Ketoprak Betawi


KETOPRAK sangatlah popular di Jakarta. Makanan khas Betawi ini mudah ditemui di berbagai sudut  kota Jakarta. Menu yang secara Internasional masuk dalam kategori salad atau starter atau cold dish ini merupakan makanan favorit warga Jakarta.

Bisa jadi orang menyebutnya menu sejuta umat, karena diminati hampir semua lapisan masyarakat, mulai dari warga biasa, selebritas hingga pejabat. Bahkan, turis asing pun menyukainya karena semua bahan alami, fresh, bernutrisi tinggi dan bebas kolesterol. Well, warga asing di Jakarta umumnya menghindari masakan yang oily, dan pada Ketoprak, hanya bahan tahu saja yang digoreng. Selebihnya adalah fresh ingredients.

Ketoprak merupakan makanan yang cukup mengenyangkan karena bahan utama terdiri dari ketupat atau lontong dan bihun basah. Nikmat disantap sebagai sarapan, makan siang maupun makan malam. Lebih nikmat bila dimakan bersama kerupuk.

Sepintas ketoprak mirip gado-gado karena sama-sama menggunakan dressing bumbu kacang, namun dalam ketoprak hanya ada satu jenis sayuran, yaitu touge, sedangkan gado-gado terdiri dari banyak sayur.

Sejarah Menu Ketoprak Betawi
Belum diketahui secara pasti sejarah menu ini. Bila dilihat dari bahan, bumbu dan cara memasaknya, menu ini kemungkinan saling terkait, terinspirasi atau terhubung dengan menu Gado-gado Surabaya, Tahu Lontong atau Tahu Campur khas Lamongan. Tidak diketahui pula mana yang lebih dahulu tercipta, yang jelas ketiganya adalah serumpun alias satu aliran.

Bahan-bahan Ketoprak:
1.    Ketupat atau lontong.
2.    Bihun seduh dengan air panas kemudian tiriskan.
3.     Touge yang telah dipotong akarnya diseduh air panas dan ditiriskan.
4.    Tahu potong dadu rendam dalam campuran air dengan bawang putih dan garam kemudian goreng.
5.    Kecap manis.
6.    Bawang goreng.
7.    Seledri cincang.
8.    Kerupuk kanji yang telah digoreng.

Bahan-bahan bumbu halus (dressing):
1.    Kacang tanah sangria.
2.    Bawang putih.
3.    Cabai rawit merah rebus.
4.    Air asam atau cuka.
5.    Air matang.
6.    Garam secukupnya.

Cara membuat bumbu halus (dressing):
Menggunakan cobek atau alat tumbuk, pertama-tama gerus bawang putih cabai rawit, kacang tanah dan garam hingga halus. Sambil tetap ditumbuk, lalu sedikit demi sedikit tambahkan air matang menjadi saus kental dengan tekstur lembut. Kemudian tambahkan air cuka dan aduk hingga rata. Tingkat kental atau encernya saus bumbu halus tergantung selera, namun umumnya kekentalan sama dengan saus tomat pada umumnya.

Cara penyajian:
Tata berurutan dalam piring ketupat, tahu, bihun, touge. Kemudian siram bumbu halus dan taburi dengan bawang goreng serta seledri. Kemudian yang terakhir tambahkan kerupuk kanji. Ketoprak siap disantap.

Bila enggan mencoba memasaknya sendiri, maka selamat memburu menu Ketoprak Betawi!

1 comment:

  1. Makanan ketoprak ini uda beredar sejak kapan ya? terus kenapa bisa muncul nama ketoprak? hehe
    Website Gratis

    ReplyDelete